Dzackidotcom

Semua Ada Disini

Thailand

Tentara dan Militan Bentrok, 2 Tewas
Jumat, 3 September 2010

Sebauh ledakan bom di Thailand selatan yang sering bergolak.

BANGKOK,…. – Pasukan Thailand terlibat baku tembak dengan gerilyawan Muslim di wilayah selatan negara itu, Jumat (3/9) subuh. Seorang tentara dan seorang anggota kelompok garis keras tewas di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia itu.

Dua tentara juga cedera akibat baku tembak ketika mereka memasuki sebuah rumah perakit bom Mohammad Sarai di Provinsi Yala, Jumat subuh, kata Kolonel Yutthana Petchmuang. Para serdadu menembak mati Sarai, yang beberapa kali mendapat perintah penangkapan karena tersangkut aksi kekerasan termasuk pembunuhan seorang polisi tahun 2005. Para pria bersenjata lainnya melarikan diri melalui jalan belakang rumah.

Lebih dari 4.000 orang tewas dalam enam tahun aksi kekerasan di provinsi-provinsi paling selatan Thailand ketika warga etnik Melayu Muslim berjuang untuk memperoleh otonomi di wilayah yang kaya karet itu.

Di tempat terpisah, seorang kepala desa Muslim ditembak mati Kamis malam ketika sedang naik kendaraan dari sebuah masjid di Provinsi Pattani. Polisi menuduh gerilyawan memicu aksi kekerasan masyarakat. Para gerilyawan sering mentargetkan warga yang bekerjasama dengan pemerintah Thailand seperti polisi, para pejabat pemerintah dan guru-guru. Penduduk desa yang beragama Islam  juga mengeluhkan penahanan yang sewenang-wenang dan pembunuhan tanpa melalui proses hukum oleh pasukan keamanan negara itu.

Tiga provinsi itu, Pattani, Yala dan Narathiwat, adalah bagian dari kesultanan Melayu Musim sampai dicaplok Thailand tahun 1909. Sekitar 80 persen penduduknya beragama Islam.

3 September 2010 - Posted by | informasi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: