Dzackidotcom

Semua Ada Disini

Apa Benar Gedung Baru Diperlukan?

TERKAIT:

JAKARTA, Rencana gedung baru DPR ditegaskan sebagai konsekuensi dari kebutuhan menampung kapasitas penghuni dan pengunjung wakil rakyat yang makin meningkat.

Anggota Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR RI Michael Wattimena mengatakan, gedung lama didesain untuk menampung 800 orang. Padahal,  setiap hari diperkirakan penghuni dan pengunjung gedung dewan yang menjadi tempat ruangan para anggota mencapai tiga ribu orang.

“Sekarang sudah over,” katanya dalam diskusi mingguan Polemik bertajuk ‘Gedung Baru dan Nurani yang Hilang’ di Warung Daun Cikini, Sabtu (4/9/2010).

Menurut Wattimena, setiap periode jumlah anggota dewan bertambah. Ini juga disebabkan oleh tumbuhnya sistem multipartai. Pada periode 2004-2009, anggota dewan berjumlah 550 orang.

Jumlah penghuni gedung dewan menjadi tiga kali lipat karena setiap anggota wajib membawa satu sekretaris dan satu staf ahli. Sementara itu, pada periode 2009-2014, jumlah anggota dewan bertambah menjadi 560 anggota. Jumlah penghuni pun kembali dikali tiga. “Belum cleaning service, tamu, dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu, Pengamat Parlemen FORMAPPI Sebastian Salang menegaskan argumen DPR untuk membangun gedung baru tak berkorelasi dengan kebutuhan akan gedung baru itu sendiri. Apalagi, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas hiburan yang dinilai tak lazim, seperti spa dan kolam renang.

“Penjelasan awal karena kapasitas Gedung Nusantara I sudah tak mampu lagi menampung sekitar 2.500 orang yang ada di dalamnya. Kalau betul alasannya, gedung baru ini hanya untuk membagi beban yang tidak mampu ditampung, kenapa bangun gedung 36 lantai dengan fasilitas yang lebih aneh-aneh?” tanyanya.

“Lalu gedung baru ini sebenarnya gunanya untuk apa? Untuk belajar renang, untuk senang-senang atau untuk bekerja. Ada kerancuan cara berpikir,” tandasnya kemudian.

5 September 2010 - Posted by | informasi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: