Dzackidotcom

Semua Ada Disini

Ini Dia Dalang dibalik “Justin Bieber 51 tahun Pedofilia”

Berita palsu hoax tentang Justin Bieber menghebohkan media akhir pekan lalu, dengan Onion News Network (ONN) sebagai dalangnya. Media seperti apa ONN ini?

ONN adalah divisi tayangan video dari organisasi satir atau pandai menyindir untuk berita-berita di AS, The Onion. Divisi ini diluncurkan pada Maret 2007 silam, meski telah mulai produksi sejak pertengahan 2006. Seperti induknya, isi dari ONN murni karangan otak-otak kreatif di belakangnya.

Mulanya, The Onion hanya berupa suratkabar dan website. Mereka memparodikan dan menyindir sejumlah berita. Tak hanya skala lokal dan nasional, namun juga berita-berita internasional yang menghebohkan.

Parodi Onion bervariasi dan benar-benar ala media. Mulai dari tajuk berita (editorial), wawancara pemirsa yang sedang berlalu lalang di jalan, hingga layout informasi tentang saham yang meniru media asli, Associated Press.

Onion berdiri pada 1988, di bawah tangan Tim Keck dan Christopher Johnson. Namun setahun kemudian, mereka menjualnya kepada Pemimpin Redaksi Scott Dikker dan Manager Penjualan Peter Haise.

Seiring berjalannya waktu, Onion yang hanya media lokal berkembang ke skala nasional. Pada April 2009, Onion menyabet penghargaan Peabody Award sebagai media paling satir.

Beberapa media AS juga pernah ‘kecele’ mengutip Onion sebagai sumber berita mereka. Namun kini mereka sudah tahu seperti apa Onion sebenarnya. Sebab itulah jangan heran, tak satupun media resmi AS memberitakan hoax Justin Bieber.

Justin Bieber Santai, Tak Tanggapi Hoax

(Justin Bieber)

Los Angeles – Penyanyi pop remaja sensasional asal AS, Justin Bieber, seakan tak peduli dengan isu miring yang menimpa dirinya. Buktinya, ia tenang-tenang saja.

Hal ini terlihat dari aktivitas Justin di akun Twitter miliknya, atas nama @justinbieber. Remaja asal Kanada ini sama sekali tak menanggapi pemberitaan palsu alias hoax bahwa dirinya adalah seorang pedofil berusia 51 tahun.

Justin malah sibuk me-retweet penggemarnya dari seluruh dunia, dengan bertanya dari mana mereka berasal. Sepanjang akhir pekan, aktivitas Justin tak banyak, hanya menge-tweet video terbaru yang dirilis, bertajuk U Smile.

Apalagi, video terbarunya itu tayang perdana pada akhir pekan lalu. Bisa dikatakan, pemuda berusia 16 tahun itu sama sekali tak memiliki waktu untuk menanggapi hoax. Tokoh tenar AS memang jarang menanggapi berita karangan semacam itu.

Akhir pekan lalu, penggemar Justin di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dihebohkan dengan berita miring bahwa ia sesungguhnya seorang pedofil berusia 51 tahun yang menyamar. Asal hoax itu dari Onion News Network (ONN).

ONN adalah sebuah media satir parodi yang gemar menyindir berita-berita atau peristiwa berikut tokoh yang sedang terkenal saat ini. Perlu diketahui, berita yang berasal dari ONN serta induknya, The Onion, tidak perlu ditanggapi serius. Sebab, beritanya bukanlah kenyataan meski, pembuatannya sangat meyakinkan.

Lagipula, untuk apa Justin meributkan pemberitaan tak ben

13 Oktober 2010 - Posted by | berita | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: