Dzackidotcom

Semua Ada Disini

barter

Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Manusia berburu jika ia lapar, membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana, mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri; singkatnya, apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya, selanjutnya sesuai realita yang membenarkan teori bahwa sifat alami manusia adalah selalu ingin mencapai kepuasan tersendiri dengan memiliki barang yang ingin dimiliki,selanjutnya masalahnya apa? Masalahnya apakah barang yang menjadi pemuas kebutuhan tersebut segampang membalikkan telapak tangan untuk mendapatkanya.manusia juga kan punya akal barang miliknya di barterin aja dengan barang yang ingin dimiliki, tapi kembali apa dengan sistem seperti itu membuat efisien di kalangan masyarakat serta apakah nilai tukarnya seimbang atau tidak.

Untuk mengatasinya, mulailah timbul pikiran-pikiran untuk menggunakan benda-benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar. Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran itu adalah benda-benda yang diterima oleh umum, benda-benda yang dipilih bernilai tinggi (sukar diperoleh atau memiliki nilai magis dan mistik), atau benda-benda yang merupakan kebutuhan primer sehari-hari; misalnya garam yang oleh orang Romawi digunakan sebagai alat tukar maupun sebagai alat pembayaran upah,ada juga alat tukar yang lain seperti kerang.

Meskipun alat tukar sudah ada, kesulitan dalam pertukaran tetap ada. Kesulitan-kesulitan itu antara lain karena benda-benda yang dijadikan alat tukar belum mempunyai pecahan sehingga penentuan nilai uang, penyimpanan (storage), dan pengangkutan (transportation) menjadi sulit dilakukan serta timbul pula kesulitan akibat kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehingga mudah hancur atau tidak tahan lama.

Kemudian muncul apa yang dinamakan dengan uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi sehingga digemari umum, tahan lama dan tidak mudah rusak, mudah dipecah tanpa mengurangi nilai, dan mudah dipindah-pindahkan. Logam yang dijadikan alat tukar karena memenuhi syarat-syarat tersebut adalah emas dan perak. Uang logam emas dan perak juga disebut sebagai uang penuh (full bodied money). Artinya, nilai intrinsik (nilai bahan) uang sama dengan nilai nominalnya (nilai yang tercantum pada mata uang tersebut). Pada saat itu, setiap orang berhak menempa uang, melebur, menjual atau memakainya, dan mempunyai hak tidak terbatas dalam menyimpan uang logam.

Sejalan dengan perkembangan perekonomian, timbul kesulitan ketika perkembangan tukar-menukar yang harus dilayani dengan uang logam bertambah sementara jumlah logam mulia (emas dan perak) sangat terbatas. Penggunaan uang logam juga sulit dilakukan untuk transaksi dalam jumlah besar sehingga diciptakanlah uang kertas.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah dibandingkan dengan asistem-sistem sebelumnya. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang, selanjutnya akan muncul kegiatan usaha, selanjutnya bagaimana cara pendanaan kegiatan usaha? Pendanaan kegiatan usaha dewasa ini banyak menyalahi aturan-aturan dalam syariah ( Hukum ) Islam dan selanjutnya pendanaan seperti itu akan merugikan beberapa pihak seperti pada pinjaman uang yang bunganya terlalu besar akan merugikan peminjam,jadi bagaimana sistem pendanaan kegiatan usaha yang lebih baik akan dijelaskan dalam makalah ini.

Dengan hitung-hitungan dalam jumlah besar tidak menutup kemungkinan jika di hitung dengan cara matematika sederhana akan sulit jadi disinilah peranan sistem financial, Pengolahan informasi dalam penyajianFinancial Report semakin banyakdipergunakan sebagai alat bantu dalam menyajikan informasi yang relevan. Hal inidapat diketahui sejak dikenalkan dan digunakannya peralatan komputer dalam bidang komersial kira-kira 20 tahun yang lalu,hingga hampir seluruh aktivitas pemrosesan data dan Informasi Keuangan dalam suatu Perusahaan, Perusahaan dan Instansi Pemerintah dari pencatatan transaksi, penggolongan, perekaman data, perhitungan sampai pada Financial Report dilakukan dengan menggunakan peralatan komputer.

17 Oktober 2010 - Posted by | artikel | , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: